"Sekedar umpatan dan teriakkanku yang semuanya tersimpan dalam barisan kata"

Selasa, 24 Februari 2009

Pragmatisme, sebuah penyakit akut

Oleh : Achmad Saptono

Penyakit pemikiran yang menyerang jantung pendidikan di Indonesia, pragmatisme menyerang bagai racun yang terus menjalar ke seluruh fikiran masyarakat Indonesia. Era 1980-an banyak pejuang islam yang identik dengan kajian-kajian filsafat keislamannya baik teologis, epistemologis, aksiologis dan lain-lain. Akan tetapi sangat disayangkan ternyata tradisi seperti itu mengalami keterputusan transformasi kepada pejuang (umat) islam saat ini.
Jangan heran kalau akhir-akhir ini sering sekali terjadi konflik antarumat islam atau juga konflik antarumat agama lain, karena bisa jadi hal tersebut dikarenakan masyarakat pada saat ini berfikir lebih singkat atau yang saat ini sering kita interpretasikan dengan istilah pragmatis. Terkadang berfikir pragmatis adalah sama saja menuruti hawa nafsu yang sesaat, tanpa berfikir panjang apa sebab serta akibat dari hal yang telah diputuskan dalam waktu yang singkat itu.
Filsafat adalah berfikir, seseorang bisa dikatakan berfilsafat ketika ia sudah mau menyita waktunya untuk memikirkan sesuatu. Nah, yang menjadi permasalahan pada saat ini ketika sudah semakin sedikit saja orang-orang yang mau menyita waktunya untuk memikirkan sesuatu, mereka cenderung lebih berorientasi ke hal-hal yang praktis. Suatu contoh kecilnya adalah adanya produk makanan/minuman dalam kemasan instant seperti mie instant, soft drink yang membuat masyarakat indonesia menjadi beralih dari makanan-makanan tradisional yang notabene memerlukan waktu lebih untuk membuat atau menyajikannya. Memang hal seperti ini tidak begitu dirasakan oleh masyarakat, namun justru proses itulah yang akhirnya mengkonstruk pola pikir masyarakat Indonesia menjadi berfikir pragmatis. Kemajuan teknologi dalam berbagai media di Indonesia yang akhirnya dapat memudahkan masyarakat untuk mendapatkan berbagai macam informasi dari Negara lain. Hal-hal demikian lah yang kemudian mampu meninabobokan masyarakat Indonesia secara keseluruhan tanpa kecuali. Masyarakat Indonesia yang hanya bisa mengekor kepada bangsa lain, tidak punya pendirian yang kuat. Lalu kapan bangsa indonesia bisa lebih maju? Bisakah bangsa indonesia lebih kreatif daripada bangsa lain? Mampukah bangsa indonesia menciptakan lapangan pekerjaan dan tidak mencari lapangan pekerjaan lagi??? Saya yakin itu semua bisa terwujud andaikata kita mampu membumihanguskan penyakit pragmatis tersebut. (Noy).
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Counter Powered by  RedCounter

Pages

Popular Posts

About Me

Foto saya
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Seorang Presiden di negara Republik Tinosia

Followers