"Sekedar umpatan dan teriakkanku yang semuanya tersimpan dalam barisan kata"

Selasa, 22 Desember 2009

Profil Anton Pavlovich Chekov




Anton Pavlovich Chekov lahir di kota pelabuhan kecil Taganrog, Rusia Selatan 29 Januari 1860. Terlahir dari keluarga kelas menengah, beliau sempat menikmati pendidikan memadai. Namun karena kebangkrutan bisnis ayahnya, mereka hidup dalam kemiskinan, sampai-sampai Chekov menghidupi diri dengan tulisan2 di media massa.

Pada masa itu tulisan-tulisan Chekov terbit di media2 humor populer, baru pada 1880an terbit cerpen-cerpennya yang lebih menunjukan kreativitas dan rasa seninya, ditandai dengan terbitnya kumpulan cerpen "Pusparagam Cerita". Pada saat itulah muncul karya-karyanya yang kemudian menjadi legendaris, seperti Ruang Inap No.6, Manusia Dalam Kotak, Wanita Dengan Anjing, dan Riwayat yang Membosankan.
Anton Chekov adalah raja cerpen Rusia yang banyak menginspirasi cerpenis2 yang muncul kemudian. Ciri khas cerpen2 Chekov adalah cerita yang merakyat, kehidupan orang yang "nyata" serta kritik sosial-kemasyarakatan yang kental, di zaman Komunis yang korup dan semena-mena.

Ciri karangan Chekov yang jujur menceritakan orang-orang yang biasa adalah kelebihannya di zaman itu. Sastra yang kental dengan imajinasi yang "membumbung tinggi" dan kaya akan bahasa "sulit" tidak berlaku bagi Chekov, dan justru di situlah kelebihannya. Membumi dan mengena.
Chekov juga menulis novel dan naskah drama, seperti Paman Vanya, Tiga Bersaudara, dan Kebun Ceri. Menurut Motinggo Busye (yang menganggap Chekov adalah gurunya) drama2 Chekov sangat kuat mengikat penonton melalui bentuk "farce" atau banyolan yang mengena. Chekov meninggal pada 2 Juli 1904.


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Counter Powered by  RedCounter

Pages

Popular Posts

About Me

Foto saya
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Seorang Presiden di negara Republik Tinosia

Followers