"Sekedar umpatan dan teriakkanku yang semuanya tersimpan dalam barisan kata"

Sabtu, 06 November 2010

#klitikan alakadarnya


Di sebuah kantin kampus, di negeri yang entah berantah (sebut aja negri mendoan) terjadi obrolan hebat antara mahasiswa semester akhir dengan seseorang berpakaian kuli bangunan yang sedang beristirahat makan siang. Mahasiswa (M), Kuli bangunan (K).

M        : (sambil terus asiik mandengin layar laptopnya, mahasiswa memulai pembicaraan) Pak, njenengan jadi kuli bangunan udah berapa lama?
K         : yaah, saya belum lama kok mas paling sekitar 4 tahunan. (sambil berteriak ke pelayan kantin), “mba....rames mendoan kalih es tawar setunggal nggih mba...”.
M        : Hah??? 4 tahun, baru? (dalem hati), “gimana dengan gue yg udah 5 tahun kuliah? Berarti gue juga baru 5 tahun ding”. Bapak asli sininya aja pak?
K         : iya bener mas, saya baru 4 tahun, kenapa? Saya aslinya mah Bukit Tinggi mas Sumatera, saya merantau sejak taun 80-an setelah saya lulus SMA. Pernah sih dulu saya kaya sampeyan kuliah juga, tapi baru satu semester saya malah pengen merantau, trus yaudah walaupun orang tua gak ngizinin waktu itu saya tetep berangkat ke jakarta. Di jakarta juga saya lumayan lama lhoh mas, 10 taunan mah ada kayanya. Tapi ya 10 taun itu saya Cuma kerja jadi sopir angkot doang di daerah kampung melayu.
M        : Hah???... (dalem hatinya lagi), “gilaa... brarti ni orang jangan2 takdirnya emang idup susah kali yaah?”. Trus anak-istri bapak gimana? Di Sumatera, di Jakarta apa di sini?
K         : Saya belum punya anak mas, kalo istri mah ada di rumah. Belum dikasih mungkin mas sama yang di atas, padahal saya nikah tuh taun 96 apa 97-an lah. Sabar aja lah mas. Hhehee.... kalo mas’nya sih sudah semester berapa ya mas? Gak kuliah apa?
M        : wah nikahnya udah lama juga ya pak, gak mau nyoba ngadopsi anak pak? Barangkali bisa mancing biar bisa punya anak gitu pak? Mmmm.. aku udah semester berapa yah? Aku sekarang lagi garap skripsi pak, udah gak kuliah, tinggal skripsi aja trus lulus (gaya bener, terlalu ngegampangin skripsi).
K         : pernah kok mas ngadopsi anak tetangga, tapi gak lama Cuma beberapa bulan, setelah saya pikir2, ternyata ngadopsi anak orang itu resikonya gede. Takut kalo gedenya, anak jadi gak sesuai sama apa yang di penginin orang tua kandungnya kan repot juga ga enak mas. Wah... bentar lagi lulus dong mas? Rencananya abis lulus mau ngapain mas?
M        : iya juga ya Pak gak enak sama keluarga yang punya anak. Saya abis lulus, mmm.... gak tau pak belum kepikiran malah saya pak. (Nah lhoh... abis lulus masih bingung mau kemana, mau ngapain en’ mau jadi apa? Et deh tong paraah benerr).
K         : (sambil melahap nasi ramesnya) lhoh kenapa masih bingung mas? Bukannya tar enak mas bisa milih mau kerja dimana aja, yang penting kan udah punya ijazah sarjana mas? Saya juga jadi nyesel nih dulu gak lanjut kuliah dulu aja (klasik bener dah, nyeselnye di belakang.. hhahaa...).
M        : ya belum kepikiran aja pak, (mungkin ni mahasiswa, gara2 saking senengnya maen di kampus kali yaak...mpe lupa umur deh, kok bisa2nya blum kepikiran mau kerja apa entar?). pokoknya gimana ntar aja deh pak, kalo gak di Pemda ya paling nglamar-nglamar di perusahaan.
K         : oh.. brarti abis lulus, mas’nya bisa jadi caleg ya mas? Yaah yang penting semanget aja deh mas jalanin hidup di jaman sekarang mah. Jangan sampe gara2 udah hidup enak, duit banyak, kerjanya gampang trus jadi hidupnya santai-santai aja. Bener gitu kan mas?
M        : oh iya tentu pak, harus itu mah pak...harus tetap semanget!!! (padahal dari tadi pagi ni anak kerjaannya Cuma OL, gosip, komen sama ngritikin semua-muanya yg doi liat doang di kantin.... mungkin doi anggota NATO kali ye...).
K         : (masih mengunyah ramesnya) ya baguslah kalo gitu mah mas... jadi gak sia-sia jauh-jauh orang tua nyekolahin anaknya. Gak sia-sia juga, orang tua udah ngeluarin banyak duit. (coba itung udah abis brapa duit bakal biaya sekolah dari TK sampe sekarang? :p )
M        : ngomong-ngomong bapak pulang ke Bukit Tingginya berapa bulan sekali Pak? Keluarga rata-rata di sana semua kan Pak?
K         : iya keluarga saya di Sumatera semua mas rata-ratanya, tapi saya udah jarang pulang. Terakhir pulang ya waktu abis saya nikah itu. Soalnya kan kalo orang Sumatera rata-rata punya prinsip, “jangan pulang kampung, kalo belum sukses”. (buseeett... gimana dengan mahasiswa yang bolak-balik rumah alias homesick terus yah? Kapan suksesnya??? :D )
(gak terasa, rames mendoan pun sudah habis dilahap bapak-bapak dengan pakaian kuli bangunan itu).
M        : ngomong-ngomong waktu istirahat makan bapak kok lumayan lama juga ya pak?
K         : iya mas, soalnya tadi saya baru aja belanja kebutuhan bangunan lumayan banyak juga, jadi ya rada capek gituuh... mana tadi saya belanja semen’nya langsung dari Cilacapnya lagi mas. Hhuff... panasnya jan...
M        : ????????@#$!%^&*&^(#$@!$%$$$%%........ (bingung)

Ternyata bapak-bapak tadi bukan kuli bangunan, tapi justru kontraktornya. Si Mahasiswa pun bingung sambil terus memperhatikan bapak itu berjalan meninggalkan kantin.

*gak tau deh ni catetan kritik sosialnya apa aja, menurut temen-temen apa kritik sosialnya? J J J
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Counter Powered by  RedCounter

Pages

Popular Posts

About Me

Foto saya
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Seorang Presiden di negara Republik Tinosia

Followers