"Sekedar umpatan dan teriakkanku yang semuanya tersimpan dalam barisan kata"

Selasa, 09 Juni 2009

Kebebasan & Batasan

Fenomena pembatasan hak bicara di Indonesia
oleh : Achmad Saptono (Panggil;Tino)

Indonesia yang kita tahu menganut sistem demokrasi. Sebuah sistem yang seharusnya bisa membebaskan masyarakat untuk memilih, terlibat dan atau Demokrasi yang sering kita artikan sebagai sebuah sistem kepemimpinan yang dari rakyat oleh rakyat serta untuk rakyat. Itu memang sebuah definisi Demokrasi yang ideal, akan tetapi dalam pelaksanaannya Demokrasi berjalan pincang. Masih banyak kebijakan-kebijakan yang dibuat secara sepihak.
Lihat saja, kebijakan menaikkan-menurunkan bahan bakar minyak (BBM), sembako dan lain sebagainya. Apakah pemerintah terlebih dahulu menanyakan kepada warga masyarakatnya secara langsung? Saya pikir, Kebijakkan tersebut hanya tak-tik pemerintah yang ingin mencari-cari keuntungan. BBM/sembako naik membuat masyarakat panik, tak lama kemudian Pemerintah mencoba mengalihkan kepanikan itu dengan memberi bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat. Luar biasa trik yang dimainkan sama pemerintah kita itu ya?
Belum selesai masalah itu, muncul permasalahan pembatasan kebebasan pada seorang ibu dari 2 anak : ibu Prita, kita kok kaya hidup beberapa puluh tahun yang lalu ya? kaya jaman orde baru. Jujur, saya juga merasakan dampak dari adanya fenomena Ibu Prita tersebut. saya menjadi ragu ketika menulis di dunia internet, waktu saya menulis tulisan ini pun perasaan saya serasa hidup di jaman orde baru. hhohoww....merindiiing...
Share:

0 comments:

Posting Komentar

Counter Powered by  RedCounter

Pages

Popular Posts

About Me

Foto saya
Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
Seorang Presiden di negara Republik Tinosia

Followers